Senin, 31 Oktober 2016

MULTIPLE CLOSING

Effort pemasar untuk mendapatkan pelanggan baru sangat besar, mulai dari kegiatan branding, prospecting, promosi dan akhirnya closing penjualan. Bukanlah perkara yang mudah mendapatkan pelanggan baru untuk closing penjualan. Bukan tidak mungkin dengan strategy yang tepat Anda bisa melakukan Closing berulang pada pelanggan yang sama, istilahnya Multiple Closing, closing lagi dan lagi....

Bayangkan betapa menguntungkannya Multiple Closing untuk perkembangan Bisnis Anda, tanpa perlu effort yang besar, dengan menjaga pelanggan yang ada untuk menjadi pelanggan loyal. Kuncinya ada pada seberapa Pemasar mengenal pelanggannya agar mampu menciptakan produk dan layanan yang mengena dan tepat sasaran.

20 KALI LEBIH MAHAL
Banyak fakta menunjukkan bahwa mendapatkan pelanggan baru memerlukan biaya 10 - 20 kali lebih mahal dibandingkan dengan biaya untuk menjaga pelanggan yang ada. Kalau demikian faktanya, kenapa perusahaan tidak mengarahkan sumber daya yang dimiliki untuk menjaga pelanggan yang ada?

Kelangsungan bisnis perusahaan berbading lurus dengan JUMLAH PELANGGAN LOYAL yang dimiliki, karena pelanggan loyal merupakan penyumbang profit yang lebih baik. Itulah mengapa menjaga LOYALITAS PELANGGAN sangat penting.

DATABASE TULANGPUNGGUNG CRM
Dalam 10 tahun terakhir, ketika persaingan bisnis ada dalam tahapan hyper competitive, strategy menjaga pelanggan merupakan tindakan yang bijaksana, hal ini dikenal dengan Strategy Customer Relationship management (CRM).

Betapa beruntungnya perusahaan yang memiliki pelanggan loyal, karena kelebihan dari pelanggan ini adalah:
  1. Menghemat biaya promosi
  2. Mereka nyaman dan senang bertransaksi dengan kitA
  3. Apa bila ada kekurangan dari produk atau brand, mereka lebih memaafkan
  4. Dari sisi bisnis, mereka beli lagi dan beli lagi
  5. Duta penjualan gratis
  6. Dan mereka, pelanggan loyal ini tidak sensitif terhadap harga
  7. Program-program yang dilakukan untuk pelanggan-pelanggan ini lebih efektif 
Tentu tidak mudah menciptakan pelanggan loyal, tapi harus terus diupayakan

Kunci Sukses Implementasi CRM adalah adanya database yang memadai yang dikelola dengan benar. Kenapa demikian, dalam CRM kata kuncinya adalah relationship (hubungan), sedangkan hubungan yang baik hanya akan terjadi bila kedua belah pihak SALING MENGENAL. Di sinilah peran dari Database Managemen untuk kesuksesan perusahaan dalam MENINGKATKAN PENJUALAN DAN PROFIT.

APA YANG HARUS DILAKUKAN?
Memiliki database dalam jumlah besar tapi tidak dimanfaatkan, atau bingung mau diapakan data yang dimiliki? Database banyak tapi tidak relevan dengan bisnis? Tidak memiliki sumber daya dan tehnology untuk mengelola database?

Database sebagai sumber informasi, selanjutnya diolah menjadi knowledge, dan knowledge inilah yang digunakan untuk pengambilan keputusan program penjualan atau program Loyalitas Pelanggan. 

Diawali dari bagaimana mendapatkan data, mengakomodasi data dalam sebuah system, Pemeliharaan dan penggunaan database menjadi pengetahuan (akurat, mutakhir, aman) yang pada akhirnya menjadi sumber terpercaya bagi perusahaan untuk membuat policy.

Dalam pengelolaan database dikenal istilah 3M, yaitu Memdalami, Menggali, Menyelami.

Apabila semua hal tersebut di atas sudah diimplementasikan dengan baik dan benar, maka akan sangat membantu memaksimalkan proses pelayanan, baik kepada internal customer ataupun kepada external customer, sehingga diharapkan mampu meningkatkan daya saing bagi organisasi

MANFAAT DATABASE
Database Marketing adalah sekumpulan data dan informasi terutama data pelanggan, yang digunakan untuk keperluan pemasaran produk dan jasa perusahaan. Pendekatan secara sistematis aktivitas terkait dengan data pelanggan ini meliputi: Pengumpulan, Konsolidasi, Pengolahan Data Pelanggan, untuk tujuan mengenal pelanggan lebih dalam untuk membuat program pemasaran yang sesuai.

Database pelanggan sangat penting dalam strategy CRM, seperti sudah yang diuraikan di atas. Secara spesifik, ada beberapa manfaat database dalam implementasi CRM, diantaranya:
  • Segmentasi pelanggan
  • Program yang sesuai
  • Profiling pelanggan
  • Mengenal pelanggan lebih dalam
  • Up selling & cross selling
  • Win back program
  • Pengukuran efektifitas program
  • Projection untuk mengembangkan database
Dengan adanya database yang baik, kita bisa mengenal pelanggan, dan tidak ada yang lebih powerful dibanding dengan mengenal pelanggan dnegan baik. Yang kedua, dengan adanya database kita bisa mempengaruhi pelanggan dalam banyak hal, termasuk untuk terus membeli produk kita.

WOKRSHOP TENTANG DATABASE
Saat ini banyak sekali workshop-workshop yang ditujukan agar para pamasar semakin memahami pentingnya database bagi kelangsungan bisnis. Biasanya dalam wokrshop langsung diajarkan teknik-teknik terkait dengan pengelolaan database.
Workshop tentang database merupakan bagian dari workshop CRM secara keseluruhan, hanya saja dibahas lebih detail dan tuntas tentang peranan database dalam CRM.
Dengan mengikuti workshop seperti ini, Anda akan belajar Ilmu praktis yang sangat aplikatif, sehingga mudah dipahami dan dipastikan bisa Anda terapkan dalam bisnis yang menjadi tanggungjawab Anda.

Beberapa teknik terkait dengan database:
  1. Membangun database
  2. Melakukan segmentasi pelanggan
  3. Menggali potensi pelanggan
  4. Merubah informasi menjadi knowledge
  5. Up selling dan Cros selling
  6. Membuat program penjualan dan sales plan berdasarkan database

(Workshop dilakukan dengan metode 30% knowledge dan 70% praktek untuk mendapatkan Skill maksimal)

Peserta Workshop: 
Manager, Supervisor, Staff yang berhubungan dengan Sales dan Marketing dan Semua bagian yang berhubungan dengan pengelolaan pelanggan. 

Info Workshop: 

Salam CRM in ACTION
Joko Ristono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar