Jumat, 24 Agustus 2018

MEMAKSIMALKAN PENJUALAN DENGAN DATABASE

Apakah Anda sebagai tenaga penjual pernah mengalami hal ini?
  1. Kehabisan prospek pelanggan, sementara penjualan masih jauh dari Target
  2. Bingung mau melakukan penjualan kepada siapa
  3. Data pelanggan hanya berisi nama dan nomer telepon saja
  4. Data pelanggan seperti kucing dalam karung (tidak tahu mana yang potensial mana yang tidak, mana yang sesuai mana yang tidak dengan produk Anda)   
  5. Yang penting banyakin prospek, nanti pasti ada yang nyantol
  6. Menawarkan produk yang salah pada prospek yang salah
  7. Tidak tahu pelanggan mana dan beli produk apa
  8. Closing Rate rendah (ada yang bilang convertion rate) -- Rasio keberhasilan rendah
  9. Lebih banyak jualan ke prospek baru, bukan pada pelanggan eksisting
  10. Perusahaan tidak memiliki sistem database pelanggan
  11. Perusahaan tidak memiliki SOP pengelolaan pelanggan   
Sejak 20 tahun lalu, strategi Customer Relationship Managemen (CRM) banyak diimplementasikan untuk meminimalkan permasalahan-permasalahan di atas. CRM memungkinkan perusahaan melakukan aktivitas menjaga pelanggan secara benar sehingga mereka loyal, beli lagi dan lagi bahkan merekomendasikan kepada pelanggan lain.

Dalam implemtasi CRM, Database merupakan faktor utama yang berperan dalam kesuksesan CRM, bisa dibilang Database merupakan Tulang Punggung. Memiliki data pelanggan yang lengkap sesuai dengan masing-masing bisnis, membuat perusahaan mampu membuat produk dan layanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Database yang baik memungkinkan membuat materi promosi, materi promosi tepat dengan apa yang diinginkan pelanggan. Pada akhirnya Database berperan penting dalam peningkatan penjualan. 
Tidak hanya terhadap pelanggan eksisting, database sangat penting saat Anda akan melakukan penjualan kepada prospek baru, 

DATABASE DAN CLOSING RATE

Berdasarkan pengalaman saya, Closing Rate (rasio keberhasilan penjualan), ditentukan oleh 4 hal berikut:

Pertama, Pelanggan yang ditawari. Sama-sama menawarkan produk yang sama kepada 100 orang, tingkat keberhasilan akan lebih tinggi bila ditawarkan kepada 100 orang yang tepat. Saat Anda menjual produk kecantikan, tentu akan lebih pas kepada perempuan dibandingkan kepada 100 laki-laki. Lebih pas kepada 100 orang yang biasa pakai produk kecantikan dibandingkan dengan yang belum pernah menggunakan. Jualan produk untuk kolesterol lebih pas kepada usia diatas 40 tahun dibandingkan kepada remaja. dan seterusnya.

Kedua, Program yang Ditawarkan. Semakin menarik program, semakin tinggi tingkat keberhasilan. Misal, diskon 20% tentu lebih menarik dibandingkan diskon 10%. 

Ketiga, Siapa yang Jualan. Level dari tenaga penjual sangat berpengaruh terhadap keberhasilan penjualan. Sama-sama jualan kepada 100 prospek, tentu tingkat keberhasilan lebih tinggi bila dilakukan oleh staf berpengalaman.

Keempat, Intimacy / kedekatan. Tentu Anda lebih mudah jualan kepada teman dibandingkan dengan orang yang sama sekali tidak Anda kenal. Apalagi seorang teman dekat, tentu akan mudah membeli dari Anda. Bayangkan bila Anda dan pelanggan punya hubungan yang dekat / intim, mereka akan membeli lagi, membeli lebih banyak dan membeli hanya kepada Anda.

Keempat faktor di atas sangat berhubungan dengan seberapa baik data pelanggan yang Anda miliki, semakin baik datanya, semakin tinggi kesuksesan jualan / closing rate.

WORKSHOP DATABASE

Kesempatan bagi Anda untuk mempelajari dan menguasai "bagaimana memaksimalkan database untuk penjualan". 

BENEFITS:
  1. Memahami pentingnya Database Pelanggan 
  2. Mampu membangun Database Pelanggan
  3. Mampu melakukan Segmentasi Pelanggan
  4. Mampu mengolah Database Pelanggan
  5. Mampu meningkatkan Closing Rate & Sales
  6. Mampu membuat Program Penjualan berbasis Data
PULANG WORKSHOP - BISA LANGSUNG PRAKTEK

WAKTU:
SABTU, 22 SEPTEMBER 2018Pukul 08:30 - 17:00 WIB
LOKASI
HOUSE OF D'LIGHT Learning CenterJalan Mandala Selatan no 20 ABCTomang - Jakarta Barat
INFO DAN BOOKING
LAURENCIA: 0813 8124 5988


TRAINER
JOKO RISTONO, ST
Memulai karir di bidang Sales dan Marketing sejak tahun 1994 sebagai Medical Representative dari PT Merck Indonesia. Lulusan Teknik Kelautan Universitas Diponegoro ini sejak tahun 2012 aktif menulis dan menuangkan ide dan pemikirannya dalam bentuk artikel yang dimuat di majalah Intimate Telkom maupun dituangkan di personal website: www.jokoristono.com dan www.belajartentangcrm.com.


Joko Ristono adalah praktisi pemasaran dengan spesialisasi Customer Relationship Management (CRM) yang sudah mendalami teknik dan skill Public Speaking untuk menunjang kemampuannya dalam men-deliver knowledge, skill, experience kepada para peserta Seminar, Training, Workshop, Mentoring.

Kebiasaan menulis juga diwujudkan dalam sebuah buku motivasional yang tampil beda dengan buku yang lain dengan judul “RUMPUTKU LEBIH HIJAU DARI RUMPUT TETANGGA” yang menjadi Best Seller dan buku JATUH CINTA PADA PENDENGARAN PERTAMA. Saat ini juga menulis untuk konten website www.jagobangunan.com milik Semen Gresik.

Lahir di kota Sragen, dari keluarga guru, Joko Ristono memiliki semangat tinggi untuk BERBAGI ILMU, WAWASAN dan SKILL layaknya seorang guru. Selama lebih dari 22 tahun berkarir, di beberapa perusahaan besar di Indonesia, seperti PT Telkom Indonesia, PT Fortune Star Global, PT Infomedia Nusantara, PT Bahtera Nusantara Mandiri, PT Dimarco Mitra Utama, PT Adijaya Makmur Sejahtera dan saat ini dipercaya sebagai penanggungjawab CRM dan event di Perusahaan cat tertua di Indonesi PT Pacific Paint.
Saat ini menangani Program Loyalitas Pelanggan untuk sebuah BUMN dengan jumlah pelanggan lebih dari 40 juta dan sebagai konsultan CRM untuk beberapa perusahaan bisnis training, penjualan produk kesehatan dan penjualan produk online

Selain aktif menulis dan berkarir sebagai konsultan bisnis, Joko aktif menjadi TRAINER di bidang Customer Relationship Management (CRM) dan bidang Public Speaking, tergabung sebagai Assosiate Trainer dari HeartSpeak Indonesia dan saat ini menjabat sebagai National Coordinator komunitas Public Speaking Indonesia.

Sejak tahun 2014 mendalami Ilmu Public Speaking di HeartSpeaks Indonesia dan tahun 2016 mendapatkan sertifikat sebagai Licence Public Speaking Trainer.

Filosofi yang diyakini dan dijalankannya adalah “memberikan manfaat kepada sebanyak mungkin orang di setiap kesempatan”. Setiap bertemu dengan orang lain harus memberikan manfaat, membantu tanpa diminta. Selalu berusaha untuk berbuat baik, sekecil apapun itu dan selalu berusaha berpikir positif.

TESTIMONY CRM
Testimoni
Frans Budi - Founder Heartspeaks Indonesia.
Saya sangat mengenal Pak Joko sebagai seorang praktisi CRM yang sungguh kaya pengalaman dan memiliki ilmu CRM yang betul-betul simple, praktis dan aplikatif karena lahir dari pengalaman. Saya tidak akan heran kalau instansi-instansi yang didampinginya mengalami perkembangan bisnis yang bagus sebagai buah dari transformasi system CRM yang ia garap. 

Gogor Waseso – Fortune Star Indonesia 
Beberapa kali Team Pengelolaan Pelanggan saya percayakan ke Joko Ristono untuk memastikan seluruh customer terlayani dengan baik dan hasil akhirnya mereka loyal, beli lagi dan lagi. Sentuhan tangan dinginnya, selalu menelorkan program-program loyalty yang membumi, tajam dan efektif. Saya sangat senang kalau pada akhirnya ilmu-ilmu tersebut siap dibagikan ke sebanyak mungkin pemasar di Indonesia. Selamat.

Charles Ouzen - Owner PT Ouzen Anugerah Indonesia 

Penguasaan materi dan cara membawakan sangat baik dan terstruktur. Saya menjadi mengerti cara penerapan CRM di perusahaan yang saya pimpin mulai dari persiapan konsep blueprint sampai pendataan database, identifikasi, segmentasi sehingga menciptakan program / event yang tepat

1 komentar:

  1. The accuracy of deep learning methods was far larger than standard machine learning methods when using binary classification to filter spam messages . We are reader-supported so we may receive a commission if you buy by way of hyperlinks on our website. You don't pay extra for something you buy on our website — our commission comes instantly from the product proprietor. SaferVPN is one other stickler for hardcore safety, no surprise given its nation of origin is Israel. It has a rigid no-logs coverage and a faultless kill swap to keep you protected, and its encryption is widespread, supporting PPTP, L2TP/IPSec, IKEV2, and OpenVPN connections. PrivateVPN is based in Sweden and lives up to as} its name thanks 카지노사이트 giant part|largely} to is 2,048-bit encryption, strict no-logs coverage, automated kill swap, and built-in leak protection.

    BalasHapus